Sabtu, 20 Agustus 2011

Phyllopoga postancensis (ampal)

Phyllopoga postancensis atau orang sering menyebutnya ampal, termasuk hewan avertebrata yang merupakan salah satu jenis dari kelas Insecta.
klasifikasi
kingdom : animalia
filum : Arthropoda
kelas : Insecta
Ordo : Coleoptera
Family : Scarabacidae
Genus : Phyllopoga
spesies : Phyllopoga postancensis


morfologi
Hewan ampal ini memiliki 2 pasang sayap, sepasang tebal dan keras yang terdapat pada bagian luar dan sepasang sayap tipis (bagian dalam). Kakinya ada 3 pasang, segmen tubuhnya ada 5 segmen.
Phyllopoga postancensis bersifat holometabola yang berarti mengalami metamosfosis sempurna. Makanannya berupa buah dan serangga muda . Ampal ini memiliki mulut tipe pengunyah. antena dan kakinya panjang. kepala memanjang, tidak bersayap. Pada hewan jantan memilki organ penjepit yang terletak di ujung posterior abdomen dan organ tersebut menyerupai organ penyengat pada kalajengking.

Habitat
Ampal ditemukan di pohon - pohon serta hidup bebas. Tubuhnya kokoh, oval atau memanjang, elytra tidak kasar. Beragam dalam ukuran dan warna, tetapi umumnya berwarna abu - abu kehitaman.


1 komentar:

  1. izin ralat ya dia punya sayap kalau setau saya dan sayapnya itu berada di bawah pelindung sayapnya yang keras itu, kalau dibuka pasti ada sayapnya

    BalasHapus