Kamis, 25 Agustus 2011

Heterometrus spinifes (kalajengking)

Heterometrus spinifes (kalajengking) ke banyakan hidup di daerah tropis dan panas, yaitu di bawah batu - batu atau lubang dalam tanah. Segmen pada posterior atau ekor mempunyai alat penyengat. Biasanya ekor melengkung di atas punggung dan berfungsi untuk melumpuhkan mangsanya. Abdomen terdiri atas 2 bagian, yaitu mesosoma dan sebuah ekor berbentuk seperti tabung yang nanti akan diangkat naik ketika kalajengking berjalan.Kalajengking aktif pada malam hari, untuk menangkap mangsanya. Biasanya mangsanya berupa serangga dan laba - laba. Mangsa tersebut ditangkap menggunakan pedipalpus dan disobek - sobek secara lambat oleh kalpera. Kalajengking bersifat vivipar. kalajengking muda akan diletakkan di punggung kalajengking betina selama satu minggu untuk selanjutnya hidup mandiri.
 


klasifikasi  Heterometrus spinifes (kalajengking) :
kingdom : animalia
filum : arthropoda
kelas : Arachinida
Ordo : Scorpiones
family : Arachinida
Genus : Heterometrus
Spesies : Heterometrus spinifes (kalajengking)
Semua spesies kalajengking memiliki bisa. Pada umumnya, bisa kalajengking termasuk sebagai neurotoksin (racun saraf). Suatu pengecualian adalah Hemiscorpius lepturus yang memiliki bisa sitotoksik (racun sel). Neurotoksin terdiri dari protein kecil dan juga natrium dan kalium, yang berguna untuk mengganggu transmisi saraf sang korban. Kalajengking menggunakan bisanya untuk membunuh atau melumpuhkan mangsa mereka agar mudah dimakan.

Bisa kalajengking lebih berfungsi terhadap artropoda lainnya dan kebanyakan kalajengking tidak berbahaya bagi manusia; sengatan menghasilkan efek lokal (seperti rasa sakit, pembengkakan). Namun beberapa spesies kalajengking, terutama dalam keluarga Buthidae dapat berbahaya bagi manusia. Salah satu yang paling berbahaya adalah Leiurus quinquestriatus, dan anggota dari genera Parabuthus, Tityus, Centruroides, dan terutama Androctonus. Kalajengking yang paling banyak menyebabkan kematian manusia adalah Androctonus australis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar