Kamis, 25 Agustus 2011

Apis melifera ( lebah madu )

klasifikasi  Apis melifera ( lebah madu ) :
kingdom : animalia
filum : arthropoda
kelas : insecta
Ordo : Hymenoptera
family : Apidae
Genus : Apis
Spesies : Apis melifera ( lebah madu )
Tubuh hewan ini terbagi atas kepala, dada ,abdomen. Pada bagian kepala terdapat sepasang antena yang berfungsi sebagai indera pembau dan peraba. Selain itu tampak adanya sepasang mata dan 1 mata tunggal yang berfungsi sebagai penerima rangsangan. Pada bagian dada terdapat sepasang sayap dan kaki jalan. Sedangkan pada bagian perut terdapat ovipositor yang menghasilkan sel leher dan juga sting atau zat penyengat. Sebagian besar jenisnya bersifat soliter, tetapi ada juga yang bersifat koloni. Rumah lebah menghasilkan madu dan membantu proses penyerbukan pada tanaman.
Ukuran tubuh lebah bervariasi, begitu juga dengan warnanya. Ada lebah yang berwarna kehitaman dengan bagian tertentu berwarna keputihan, kekuningan, kemerahan atau kecoklatan. Lebah dapat ditemukan di tanah, liang - liang, kayu atau di taman yang sedag berbunga. Sarang lebah berbentuk segi enam, struktur ini dibuat agar lebih kokoh dan banyak menampung isi.
Lebah madu mempunyai bahasa menarik yang dapat dimengerti teman - temannya, saat menemukan bunga dengan nektar. Informasi macam bunga diberikan melelui bau bunga yang ,melekat pada tubuh lebah atau dalam madu yang dibawanya. Tentang informasi untuk bunga diberikan dengan cara lebah  menari dihadapan lebah - lebah yang lain. Madu yang dibawa dan dikumpulkan sebenarnya digunakan untuk persediaan makanan mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar