Senin, 22 Agustus 2011

Gryllus sp ( jangkrik )

Hewan ini hidup diberbgai habitat, baik lingkungan basah ataupun lingkungan kering, terutama yang dinaungi rumput.Selain itu Gryllus sp ( jangkrik ) dapat ditemukan di rumah - rumah, sisa tanaman yang lembab. Beberapa jenis jangkrik pandai bersuara, suara itu dihasilkan dari saling menyentuhkan tegumina bersama - sama. Hewan ini aktif di malam hari dan mampu bergerak dan melompat dengan cepat.


Klasifikasi Gryllus sp ( jangkrik ) :

Kingdom : Animalia

filum : Arthropoda

Kelas Insecta

Ordo : orthoptera

family : Grylludae

Genus : Gryllus

spesies : Gryllus sp

Reprodusi Gryllus sp ( jangkrik )

Hewan yang sudah dewasa umumnya berwarna hitam, sedangkan nypha berwarna kuning pucat dengan garis - garis coklat. Antena panjang dan kaku seperti rambut. Hewan dewasa akan kehilangan sayap setelah menetap di lingkungan sawah. Hampir semua hewan ni bertindak sebagai predator. Telur penggerek batang padi, penggulung daun.



Morfologi Gryllus sp ( jangkrik )

Hewan yang termasuk dalam ordo Orthoptera, termasuk di dalamnya Gryllus sp ( jangkrik ) adalah bersifat hemimetabola, mulutnya tipe pengunyah, memilki 2 pasang sayap, sayap depan lebih tebal dan seperti kertas dari kulit, yang disebut tegumina. Sayap belakang berupa membran dan dilipat seperti kipas dan terletak di bawah sayap depan. Pada beberapa spesies, sayap hanya berupa sisa saja atau ada juga yang tidak bersayap

Tidak ada komentar:

Posting Komentar