Sabtu, 20 Agustus 2011

Orthetrum testaceum ( capung )

Orthetrum testaceum ( capung ) merupakan salah satu hewan avertebrata,berikut klasifikasinya....
kingdom : Animalia
filum : Arthropoda
kelas : Insecta
ordo : Odonata
family : libelluidae
genus : Orthetrum
spesies : Orthetrum testaceum
Morfologi
Apabila kita mengamati, capung mempunyai 6 kaki, memiliki 2 pasang sayap yang transparan serta ruas tubuh sebanyak 8. hewan ini bersifat hemometabola, mulut pada hewan dewasa bertipe pengunyah. sayang pada capung yang belakang lebih besar dibandingkan yang depan, sayap berwujud membran. memiliki mata majemuk yang besar tersusun ats amatidia yang jumlahnya mencapai 30.000 antena kecil,nympha bersifat akuatik. Hewan fase nympha dan dewasa semuanya bersifat predator. pada hewan dewasa kaki tidak digunakan untuk bergerak tetapi digunakan untuk menangkap serangga lain pada saat terbang.
Habitat
Orthetrum testaceum sering ditemukan disekitar kolam atau rawa. capung mempunyai banyak tenaga, sehingga dikenal sebagai penerbang yang kuat dan sulit untuk ditangkap. kedua mata facet sangat berdekatan dilihat dari arah atas. pangkal sayap belakag lebih lebar daripada pangkal sayap depan.
Reprodusi
Pada hewan betina ovipositor berkembang dengan baik. capung memiliki kaki yang digunakan untuk berpegangan pada waktu hinggap atau untuk menangkap mangsa pada saat terbang.
perkawinan capung berlangsung di udara. Telur diletakkan di air atau diselipkan pada tumbuhan air. Peristiwa molting akan berlangsung sekitar 2 sampai 15 kali dan lama fase nympha ada yang selama 3 bulan bahkan ada yang sekitar 5 tahun.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar