Senin, 22 Agustus 2011

Mantis religiosa (belalang sembah)

Mantis religiosa (belalang sembah) banyak ditemukan di daerah pertanaman. Telur diletakkan di berbagai bagian tanaman, terutama di rantimg dan dibungkus oleh bahan seperti busa yang lekat. Tiap jenis mempunyai masa telur yang berbeda. Nympha akan muncul secara serentak dan sangat aktif dalam mencari mangsa. Hewan ini bertindak sebagai predator yang efektif, memangsa berbagai serangga dan sering pula bersifat kanibal dengan memakan mantis lainnya.
klasifikasi Mantis religiosa (belalang sembah)
kingdom : Animalia
Filum : arthropoda
kelas : Insecta
ordo : orthoptera
family : Mantisadeae
genus : mantis
spesies : Mantis religiosa

Morfologi Mantis religiosa (belalang sembah)

Mantis religiosa (belalang sembah) memiliki ukuran tubuh dari medium sampai besar, bersifat hemimetabola, mulutnya tipe pengunyah, memiliki dua pasang sayap, sayap depan lebih tebal dan seperti kertas dari kulit yang disebut tegumina. Sayap belakang berupa membran dan dilipat seperti kipas dan terletak di bawah sayap depan. Tubuhnya juga terbungkus oleh eksoskleton yang melindungi sistem organ yang lunak sebelah dalam. eksoskeleton merupakan kuikula yang tersusun  dari kitin dan terbagi atas segmen - segmen.

Digestori Mantis religiosa (belalang sembah)

saluran pencernaan makanan terdiri atas rongga mulut, esophagus,ventrikulus, gastric cueca, usus pada bagian akhir dan berakhir di anus. Makanan akan ditangkap dengan kaki muka kemudian dibawa ke mulut untuk di potong - potong oleh mandibula dan maxillae.

Respiratoria Mantis religiosa (belalang sembah)

Organ pernapasan Mantis religiosa (belalang sembah) berupa trakea berspirakel yang terletak di kanan kiri setiap ruas. Sebagian larva bernapas dengan insang trakeal pada bagian perutnya.

Nervosum Mantis religiosa (belalang sembah)

Sistem saraf merupakan sistem saraf tangga tali dengan ganglion otak atau ganglion supra esophragus. Pada kepala tersusun atas 3 ganglion yang bersatu.

Reproduksi Mantis religiosa (belalang sembah)

Alat kelamin terpisah, tanda kelamin sekunder dapat dikenal pada bagian abdomen, alat kelamin pada jantan terdiri dari sepasang testis, sedangkan pada hewan betina terdiri atas sepasang ovari yang tersusun oleh saluran pita telur atau pita ovarium yang menghasilkan telur.


3 komentar: