Selasa, 23 Agustus 2011

Lubber grasshopper (belalang rumput)

Tubuh belalang dibedakan menjadi 3 kelompok segmen, yaitu kepala ( caput ), dada (thoraks ), dan perut (abdomen). Belalang memiliki eksoskeleton yang berfungsi melindungi organ - organ dalam. Eksoskeleton berupa kutikula yang terdiri atas zat kitin dan terbagi menjadi segmen - segmen.
klasifikasi Lubber grasshopper
kingdom : animalia
filum : arthropoda
kelas : insecta'
ordo : orthoptera
family ; lubberae
genus : lubber
spesies : Lubber grasshopper

Saluran pencernaan Lubber grasshopper pada dasarnya meliputi usus depan, usus tengah dan usus belakang. sistem organ yang dimiliki sama seperti yang dimiliki hewan tingkat tinggi. otot yang dimiliki tergolong otot lurik, bersifat sangat lunak dan lembut, tetapi cukup kuat. Organ sistem sirkulasi berupa pembuluh tunggal yang diselubungi sinus pankardil dan terletak di tengah - tengah sepanjang tubuh dalam rongga abdomen.

Sistem respirasi terdiri atas sususnan pipa - pipa udara atau  trakea yang bercabang - cabang membentuk anyaman yang membawa udara keseluruh bagian tubuh. Proses ekskresi dan osmoregulasi bergantung pada tubulus malphigi dan rectumnya. Otak terletak di daerah kepala bagian dorsal, terdiri atas 3 pasang ganglion.

kepala pada dasarnya tersususn atas 6 segmen yang berfusi. keenam segmen tersebut tidak tampak lagi pada hewan dewasa, tetapi pada saat embrio masih teramati. Pada kedua sisi kepala terdapat mata majemuk berwarna hitam. Mata majemuk dilindungi oleh bagian transparan dari kutikula yaitu cornea, yang terbagi menjadi sejumlah besar potongan berbentuk segi enam yang di sebut facet. Selain mata, terdapat juga sepasang antena yang panjang dan sangat sering bergerak - gerak. Antena belalang berbentuk benang dan tersusun atas sejumlah besar segmen. pada antena terdapat rambut - rambut sensori yang kemungkinan berfungsi sebagai indera pembau.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar