Minggu, 21 Agustus 2011

Periplaneta sp (kecoa)

Periplaneta sp (kecoa) merupakan hewan yang hidup di tempat - tempat kotor. Kecoa berwarna coklat kemerahan dan mengkilat, berbau menyengat. Periplaneta sp (kecoa) termasuk salah satu hewan avertebrata yang masuk dalam filum arthropoda. Berikut ini diskripsi mengenai hewan kecoa.......
klasifikasi Periplaneta sp (kecoa) :

kingdom : Animalia
filum : Arthropoda
kelas : Insecta
ordo : Orthoptera
family : Blattidae
Genus : Periplaneta
spesies : Periplaneta sp

Morfologi Periplaneta sp (kecoa)

Tubuhnya terdiri atas segmen kepala dada dan perut. Kepala tersembunyi di bawah pronotum. Pronotum dan sayap licin, nampaknya keras, tidak berambut dan berduri. Pda bagian kepala terdapat sepasang mata facet, sepasang antena atau alat peraba dan 3 pasang alat mulut. hewan ini merupakan hewan yang aktif di malam hari, umumnya akan menghindari cahaya. Siang hari akan bersembunyi di tempat yang gelap.

Reproduksi Periplaneta sp (kecoa)

Bagian abdomen terdiri dari 11 ruas. Ruas belakang bagian posterior berfungsi sebagai alat reproduksi. Induk kecoa akan menyatukan 30 - 40 butir telur dalam kantong dan akan dibawa kemanapun sebelum ditempatkan di tempat persembunyiannya. Periplaneta sp (kecoa) mengalami metamorfosis yang bertingkat, artinya perubahan bentuk yang berurutan tidak terlihat nyata.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar